Purposeful Brand & Brand Awareness, Lebih penting mana?

Brand atau merek merupakan sebuah identitas dari suatu produk perusahaan, selain itu juga merupakan sarana pengenalan dan pemasaran produk tersebut juga. Namun, pernahkah anda menemukan produk yang tanpa melihat atau memiliki produknya langsung terbayang hanya dengan mendengar namanya ? Jika pernah, maka perusahaan pemilik tersebut telah berhasil mengenalkan produknya dan Purposeful Brand nya. Apa maksud dari Purposeful Brand dan Brand Awareness ?

APA ITU PURPOSEFUL BRAND ?

Purposeful Brand artinya adalah Merek yang Berarti, maksudnya dalam membentuk sebuah merek tidak serta merta hanya karena nama tersebut cocok dan bagus, namun lebih dari itu merek harus memiliki arti yang melekat pada produk agar membentuk citra pada konsumen, jika citra merek sudah melekat pada konsumen ditambah dengan kualitas produk yang bagus maka akan membuat produk lebih dikenal bahkan tanpa harus melakukan pemasaran.

APA ITU BRAND AWARENESS ?

Brand Awareness adalah sebuah hal dalam brand/merek yang dapat dengan mudah dikenali oleh konsumen baik dengan cara apapun, bisa melalui tagline, nama merek, pengiklanan, dan lain lain yang membuat konsumen mengingat merek atau produk tersebut.

HUBUNGAN PURPOSEFUL BRAND DAN BRAND AWARENESS 

Sebuah produk yang memiliki merek & tagline berarti dapat meningkatkan potensi diingat oleh konsumen dan akhirnya terjadi transaksi atas produk tersebut, dengan memakai merek & tagline yang unik dan berarti dapat menjadi sarana pemasaran secara tidak langsung karena konsumen sudah langsug ingat tentang produk anda ketika namanya disebut.

CONTOH PERUSAHAAN YANG MEMAKAI 

TOSHIBA : Leading Innovation

Toshiba merupakan sebuah perusahaan yang berdiri tahun 1939 jepang yang bergerak di bidang produk elektronik dan listrik yang berada di Tokyo. Toshiba merupakan gabungan dari 2 perusahaan yaitu Tokyo Denki bergerak di Customer Goods dan Shibaura Seisakusho bergerak di industri mesin dan jadilah TOSHIBA. Toshiba memiliki slogan Leading Innovation yang berarti memimpin dalam inovasi, hal ini sangat cocok dengan visi misi dan produk Toshiba karena bergerak dibidang produk elektronik dan listrik yang cenderung terus mengalami perubahan teknologi dari waktu ke waktu.

IKEA : Let’s Make Your Home Special

IKEA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang furniture dan perlengkapan rumah berasal dari Swedia, berdiri pada tahun 1943. IKEA memiliki visi “Menciptakan kehidupan sehari hari yang lebih baik bagi banyak orang” dan misi “Menawarkan produk dan perabotan dengan desain yang baik, fungsional, dengan harga yang murah agar banyak orang mampu membelinya.”. Hal ini sejalan dengan tagline IKEA yaitu Let’s Make Your Home Special karena selain karena berhubungan dengan produknya juga terhubung dengan visi misinya, toko yang mereka buat juga bernuansa seperti rumah yang nyaman dan berkelas, sehingga konsumen ketika mendengar IKEA akan langsung tergambar produknya.

PENUTUP

Sebuah arti dalam penamaan dan tujuan dalam brand atau merek sangat berarti bagi produk dan perusahaan, karena dengan citra dan ingatan yang telah terbentuk maka dengan sendirinya akan menghadirkan penjualan dan repeat order.

Apakah brand atau merek dari perusahaan anda sudah menerapkannya ? atau masih hanya nama saja tanpa arti dan filosofi yang jelas ?

Jika iya, maka bisnis anda perlu perubahan dan naik kelas!

ASA Consulting memberikan pelayanan konsultasi manajemen bisnis yang dapat menjadi solusi permasalahan bisnis yang anda hadapi saat ini, dipercaya oleh ratusan mitra, ASA Consulting mampu membawa bisnis anda naik kelas!

Konsultasikan bisnis anda sekarang.

Leave a Comment