Pada awal berdirinya suatu perusahaan, pengusaha tentunya mengharapkan eksistensi dan pertumbuhan perusahaan yang didirikannya. Upaya harus dilakukan untuk melayani kebutuhan dan keinginan pasar yang dipilih dengan cara yang ditargetkan. Bisnis memiliki pilihan pemasaran yang berbeda-beda, salah satunya untuk memenuhi dan melayani kebutuhan pasar anak muda atau generasi milenial.
Milenial berusia antara 20 hingga 39 tahun pada tahun 2019. Di Indonesia, jumlah generasi ini sangat banyak, begitu juga dengan jumlah penduduk di negara kita yang terus bertambah. Bisa dikatakan generasi ini sangat potensial untuk dijadikan pasar bagi perusahaan. Milenial memiliki perilaku yang unik. Beberapa studi menunjukkan bahwa generasi ini, khususnya kelas menengah, lebih mengutamakan pengalaman, hiburan, dan interaksi dalam mengkonsumsi suatu produk.
Perusahaan perlu memahami hal ini karena mereka fokus melayani pasar ini. Ketika kita berbicara tentang pengalaman, interaksi, dan hiburan kita dapat menyebutnya dengan leisure business. leisure business, adalah ekonomi yang didasarkan pada penciptaan pengalaman, hiburan, dan kreativitas (Marketing Journal, Februari 2018).
Millennial dan Leisure Business
Saat ini kebutuhan manusia yang paling utama tidak hanya sandang, pangan dan papan saja, tetapi telah mengambil alih pemenuhan kebutuhan gaya hidup atau pengalaman. Generasi milenial yang mendominasi kelas menengah tersebut di atas telah beranjak dewasa dan menyaksikan peralihan dari konsumsi barang ke konsumsi pengalaman dan hiburan. Generasi ini menginginkan hal-hal sederhana.
Mereka membelanjakan uang konsumen untuk barang-barang untuk kegiatan rekreasi seperti bepergian, menonton film, pergi ke konser, makan di luar, dan banyak lagi. Mereka mencari sesuatu yang akan membawa kebahagiaan dan tampaknya hiburan bisa menjadi ciri pasar milenial ini. Dalam keadaan keuangan yang berbeda, mereka tetap berlibur, makan bersama, pergi keluar atau menonton film bersama. Kita juga harus tahu bahwa berbagai kegiatan rekreasi sering dikaitkan dengan belanja.
Pilihan dalam Leisure Business
Upaya memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar milenial dengan produk leisure menjanjikan peluang bisnis di masa depan. Perusahaan dapat melayani berbagai opsi, misal Pariwisata, hotel, transportasi, penerbangan, katering dan industri hiburan dan gaya hidup lainnya. Memilih berbagai pilihan dari bisnis rekreasi di atas tentunya harus dilakukan secara cermat agar bisa menghasilkan penjualan yang cemerlang. Mengingat bisnis ini diharapkan mampu mengcover aktivitas ritel yang saat ini mulai menunjukkan tanda-tanda melambat (Marketing Journal, Februari 2018). Mungkin salah satu pemicunya adalah perubahan perilaku konsumen di pasar milenial.
Perlu dicatat bahwa gaya dan perilaku konsumsi konsumen di pasar ini mengarah ke arah yang sama ketika mengkonsumsi barang dan pengalaman, yaitu online. Perusahaan harus mengembangkan strategi periklanan khusus untuk pasar ini sehingga diarahkan ke sumber daya ini. Semoga jika diterapkan, strategi ini mampu melayani pasar milenial ini dengan baik.
Dukungan pemerintah sangat dibutuhkan
Leisure Business disubsidi oleh negara. Dapat dilihat bahwa pada tahun 2018 pemerintah memutuskan bahwa industri pariwisata harus menjadi penghasil uang terbesar tahun itu. Pariwisata menjadi salah satu sektor prioritas di tahun 2018 yang perannya sebagai penggerak pertumbuhan dan lapangan pekerjaan akan diperkuat.
Oleh karena itu, pemerintah secara selektif memilih berbagai investasi yang dapat meningkatkan produktivitas dan peningkatan aktivitas di sektor pariwisata, termasuk transportasi dan infrastruktur (Jurnal Pemasaran, Februari 2018). Dengan dukungan pemerintah tersebut, pariwisata menjadi primadona baru perekonomian Indonesia. Minat wisatawan lokal maupun mancanegara ke Indonesia semakin meningkat. Misalnya Ngurah Rai, Tanjung Balai Karimun meningkatkan jumlah wisman sebesar 25,05 persen (BPS, 2017).
Ada banyak penerapan konsep bisnis yang dapat diaplikasikan, termasuk dalam muamalah syariah, pemasaran, branding, keuangan, Leisure Business. dan sebagainya. Meskipun begitu, ASA Consulting menjamin kemampuan mereka yang mencapai 100% dalam membantu kemajuan klien.
Segera daftarkan Perusahaan Anda, Konsultasikan secara Gratis di ASA Consulting.