Change Management terbukti efektif dalam membangun Culture Organisasi Perusahaan

Change Management atau Manajemen Perubahan merupakan strategi yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam organisasi yang dipimpinnya dalam rangka mempertahankan eksistensi yang telah dicapai sehingga proses pengelolaan yang meliputi perencanaan (planning), penataan (organizing), memberikan arahan (Leading), serta melakukan pengawasan (monitoring dan evaluasi) dapat berjalan secara efektif dan efisien serta dapat menimbulkan kemajuan sesuai dengan perkembangan zaman.

Sementara Culture atau Budaya Perusahaan mencakup kualitas yang membedakan perusahaan dengan perusahaan lain. Sebagai seorang calon karyawan yang sedang mencari pekerjaan baru, penting untuk menemukan tempat kerja yang sesuai dengan nilai-nilai yang mereka miliki agar mereka lebih merasa produktif dan puas dengan pekerjaan yang dijalani

Organisasi dikatakan memiliki kinerja baik jika memiliki ciri-ciri  sebagai  berikut 

1. Anggota  tim  terlibat  dan membantu perusahaan berkembang, selaras dengan tujuan Perusahaan

2. Memberdayakan dan melibatkan karyawan. Keterlibatan  dari  karyawan  untuk  berkomitmen dan  mempunyai rasa kepemilikan   yang   kuat terhadap   nilai-nilai organisasi  dalam  menghadapi  tantangan  perubahan lingkungan di masa akan datang merupakan budaya organisasi  yang  akan  dirasakan  oleh  anggota  tim.

Kepemimpinan merupakan aspek yang sangat urgent dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi, hal ini karena kepemimpinan menyangkut perilaku seorang pemimpin dalam rangka mempengaruhi para pegawai atau karyawannya, sehingga para pegawai mau bekerja sama dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi.

Tipe Leadership atau kepemimpinan yang berkaitan erat dengan Change Management dalam membentuk culture organisasi yaitu tipe pemimpin transformasional. Seorang pemimpin transformasional harus mampu mentransformasikan secara optimal sumber daya organisasi dalam rangka mencapai tujuan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Sumber daya dimaksud berupa Sumber daya manusia, fasilitas, dana, dan faktor eksternal organisasi

Karakteristik pemimpin transformasional

1) Idealized influence (charismatic influence)

Seorang pemimpin transformasional harus memiliki kharisma yang mampu mempengaruhi bawahan untuk memiliki kemauan mengikuti pimpinan. Dalam bentuk konkrit, kharisma ini ditunjukan melalui perilaku pemahaman terhadap visi dan misi organisasi, mempunyai pendirian yang kokoh, komitmen dan konsisten terhadap setiap keputusan yang telah diambil, dan menghargai bawahan. Dengan kata lain, pemimpin transformasional menjadi role model yang dikagumi, dihargai, dan diikuti oleh bawahannya.

2) Inspirational motivation

Karakter seorang pemimpin yang mampu menerapkan standar yang tinggi akan tetapi sekaligus mampu mendorong bawahan untuk mencapai standar tersebut. Karakter seperti ini mampu membangkitkan optimisme dan antusiasme yang tinggi dari bawahan. Dengan kata lain, pemimpin transformasional senantiasa memberikan inspirasi dan memotivasi bawahannya.

3) Intellectual stimulation

Karakter seorang pemimpin transformasional yang mampu mendorong bawahannya untuk menyelesaikan permasalahan dengan cermat dan rasional. Selain itu, karakter ini mendorong para bawahan untuk menemukan cara baru yang lebih efektif dalam menyelesaikan masalah. Dengan kata lain, pemimpin transformasional mampu mendorong (menstimulasi) bawahan untuk selalu kreatif dan inovatif

4) Individualized consideration

Karakter seorang pemimpin yang mampu memahami perbedaan individual para bawahannya. Dalam hal ini, pemimpin transformasional mau dan mampu untuk mendengar aspirasi, mendidik, dan melatih bawahan. Selain itu, seorang pemimpin transformasional mampu melihat potensi prestasi dan kebutuhan berkembang para bawahan serta memfasilitasinya. Dengan kata lain, pemimpin transformasional mampu memahami dan menghargai bawahan berdasarkan kebutuhan bawahan dan memperhatikan keinginan berprestas dan berkembang para bawahan.

Budaya berkembang seiring pertumbuhan bisnis. Adanya pemimpin baru berkontribusi pada perubahan budaya perusahaan. Pemimpin baru ini mungkin membawa perspektif yang berbeda dari perspektif owner. Beberapa dari mereka lebih birokratis, sementara yang lain lebih fleksibel.

Jadi dapat dikatakan bahwa Leadership atau kepemimpinan sangat berpengaruh kepada sebaik apa Change Management dilakukan dalam sebuah organisasi Perusahaan sehingga culture Perusahaan dapat diterapkan dengan baik.

Leave a Comment