
Mengembangkan strategi employer branding melibatkan upaya untuk menarik, mempertahankan, dan menginspirasi karyawan potensial dan yang sudah ada dengan cara yang mencerminkan nilai, budaya, dan misi perusahaan. Poin-poin berikut untuk dipertimbangkan saat mengembangkan strategi Anda:
- Ketahui bisnis, visi, misi, nilai, dan budaya organisasi. Pahami tujuan bisnis organisasi dan talenta apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
- Lakukan riset internal untuk memahami bagaimana organisasi dipersepsikan oleh karyawan saat ini, serta oleh kelompok kandidat target.
- Lakukan riset eksternal untuk mempelajari bagaimana posisi organisasi dibandingkan dengan kompetisi.
- Definisikan nilai proposisi karyawan (employee value proposition) yang dengan jelas mengkomunikasikan nilai brand yang sedang dikembangkan oleh organisasi.
- Kembangkan strategi pemasaran untuk karyawan. Strategi rekrutmen harus fokus pada pencapaian kelompok pelamar target. Bagian kedua adalah secara konsisten mengkomunikasikan nilai proposisi karyawan kepada karyawan saat ini untuk mempertahankan dan melibatkan mereka.
- Selaraskan employer brand dengan brand perusahaan secara keseluruhan. Bekerja sama dengan kelompok pemasaran dan komunikasi untuk memastikan pendekatan branding yang holistik.
- Pastikan bahwa praktik-praktik manajemen dan sumber daya manusia mendukung employer brand organisasi.
- Kembangkan dan gunakan metrik untuk menilai dan melacak keberhasilan employer brand
Siapa yang melakukan employer branding dengan baik? Coba cari di Google Jika Anda adalah bisnis kecil atau menengah, Anda tidak perlu membandingkan employer brand Anda dengan perusahaan seperti Salesforce, Starbucks, dan Netflix. Namun, kita bisa belajar dari perusahaan-perusahaan tersebut dan melihat bagaimana budaya mereka disampaikan melalui upaya branding mereka. Jika Anda mencari contoh employer brand yang hebat, Anda akan menemukan perusahaan-perusahaan tersebut dan banyak lainnya, termasuk GE, Cisco, T-Mobile, Zappos, dan Microsoft.
Banyak ahli sepakat bahwa perusahaan yang melakukannya dengan lebih baik daripada yang lain adalah Google, yang mengundang kandidat untuk “Membangun untuk Semua Orang.” 6Connex, penyedia utama acara virtual untuk perusahaan di seluruh dunia, menyebut Google sebagai “Bintang Rock Employer Branding.” Dalam posting blog mereka tentang employer branding, mereka menulis bahwa “Google employer branding adalah salah satu yang terbaik di dunia. Perusahaan ini dikenal karena pendekatannya yang luar biasa terhadap karyawan, serta kemampuannya dalam membangun nilai proposisi karyawan yang kuat.”